Info Dunia Kehidupan Artis dan Tips Kesehatan Terbaru 2015

CARA WNI IKUT PEMILU DI LUAR NEGERI Sistem Pendaftaran dan Tempat PPLN Yang Akan Di Gelar

Cara Cepat Hamil Alami Rahasia Dokter

CARA WNI IKUT PEMILU DI LUAR NEGERI  Sistem Pendaftaran dan Tempat PPLN Yang Akan Di Gelar . Kepala Penanggung Jawab Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Kementerian Luar Negeri, Wahid Supriyadi, mengatakan, ada tiga cara bagi WNI yang berada di luar negeri apabila mereka ingin menggunakan hak suaranya.

CARA PENDAFTARA WNI IKUT PEMILU DI LUAR NEGERI  Sistem Pendaftaran dan Tempat PPLN Yang Akan Di Gelar

Tiga cara yang dirujuk Wahid yakni dengan langsung mendatangi TPS di kantor perwakilan, drop box (kotak suara), dan melalui pos.

Demikian ungkap Wahid yang dihubungi  melalui telepon pada Jumat, 28 Maret 2014. Menurut Wahid, ketiga cara itu dipilih untuk meningkatkan partisipasi pemilih dalam pemilu 2014.

Total pada 2014, ada 2,2 juta WNI di luar negeri yang dapat menggunakan hak suaranya. Dari jumlah tersebut, sebanyak 106.934 warga di antaranya akan menggunakan suaranya di pemilu awal yang berlangsung di delapan PPLN.

Enam PPLN akan menggelar pemilu pada 30 Maret 2014. Sementara itu, dua PPLN lainnya akan menggelar pemilu pada 31 Maret 2014.

Enam PPLN itu yakni Hong Kong (Tiongkok), Beijing (Tiongkok), Shanghai (Tiongkok), Santiago (Chile), Brasilia (Brasil), dan Copenhagen (Denmark). Sementara itu, dua PPLN lainnya yaitu di Quito (Ekuador) dan Kabul (Afganistan).

"Untuk di Hong Kong, kami memiliki 15 TPS. Selain itu, Pemerintah Hong Kong telah mengizinkan agar drop box diletakkan di Taman Victoria, karena banyak WNI yang ada di sana," kata dia.

Terkait dengan WNI ilegal yang banyak terdapat di daerah Timur Tengah, sistem pendaftaran, menurut Wahid, tidak kaku.

"Sistem pendaftaran sangat fleksibel. Selama mereka dapat menunjukkan bukti kewarganegaraan seperti buku paspor atau KTP, maka mereka diizinkan untuk menggunakan hak suaranya," imbuh Wahid.

Namun, yang namanya ilegal, kata dia, tentu tidak terdaftar di sistem kekonsuleran.

"Tetapi, kami juga meminta kepada pemerintah setempat, apabila mereka menangkap WNI, maka kami minta agar tetap diberi kesempatan untuk menggunakan hak pilihnya," kata dia.

Sayangnya, kata Wahid, dalam pemilu 2014, suara mereka nantinya akan dimasukkan ke daerah pilihan DKI 2. Wahid menyebut, sebelumnya keberatan ini sudah diajukan saat konferensi diaspora ke-2 digelar pada 2013.

"Kami sudah meminta agar suara dari WNI di luar negeri dibuatkan ke dalam dapil luar negeri. Tapi, hal itu masih sulit direalisasikan," imbuh dia.

PPLN akan menggelar pemilu awal dari 30 Maret hingga 5 April 2014. Namun, proses penghitungan suara akan dilakukan secara serentak pada 9 April 2014.


Cara Cepat Hamil Alami Rahasia Dokter

Like dan share ya sobat...
Link Artikel: http://beritainfosehat.blogspot.com/2014/03/cara-wni-ikut-pemilu-di-luar-negeri.html
Rating Artikel: 100% based on 9999 ratings. 99 user reviews.

CARA WNI IKUT PEMILU DI LUAR NEGERI Sistem Pendaftaran dan Tempat PPLN Yang Akan Di Gelar

Posted by Berita Info Sehat, Published at 6:21 AM and have 0 comments
Comments :

No comments:

Post a Comment