Info Dunia Kehidupan Artis dan Tips Kesehatan Terbaru 2015

PENYEBAB JAKARTA RENTAN PERUBAHAN IKLIM DAN BENCANA Strategi Penanggulangan Bencana Di Ibukota

Cara Cepat Hamil Alami Rahasia Dokter

PENYEBAB JAKARTA RENTAN PERUBAHAN IKLIM DAN BENCANA Strategi Penanggulangan Bencana Di Ibukota. Economy and Environment Program for Southeast Asia (EEPSEA) melansir bahwa Jakarta menjadi kota nomor tujuh di Asia Tenggara yang rentan terhadap perubahan iklim dan bencana. Riset dilakukan pada 2013 dengan meneliti 530 kota di Asia Tenggara. Hasil riset ini mendapat respons dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta.

PENYEBAB JAKARTA RENTAN PERUBAHAN IKLIM DAN BENCANA

"Kita perlu menyiapkan strategi penanggulangan bencana di ibukota. Apalagi data riset lanjutan Jakarta dan Bandung sebagai wilayah yang tidak layak huni," kata Kabid Pengendalian dan Informatika BPBD, Provinsi DKI Jakarta, Edi Junaedi, di Menara Thamrin, Jakarta, Jumat 28 Maret 2014.

Edi mengatakan, dengan kondisi ini perlu ada paradigma baru penanganan bencana di Jakarta. Jakarta sebagai ibukota negara dan bukan hanya sebagai pusat pemerintahan, Jakarta juga tempat kedudukan berbagai perwakilan negara asing.

Kondisi ini membuat penanganan bencana Jakarta semakin kompleks. Dari luas wilayah 661,52 km persegi. Sekitar 40 persen wilayah Jakarta berada di bawah permukaan laut.

Jumlah ini setara 24,000 hektar di Jakarta rawan banjir. Kondisi ini diperburuk dengan kondisi geografis di mana 13 sungai utama melintasi Jakarta sebelum menuju laut.

"Kondisi ini diperburuk dengan terus menurunya ruang terbuka hijau setiap tahunnya. Kondisi ini yang menjadikan banjir sebagai bencana nomor satu di Jakarta yang terus diantisipasi," ujarnya.

Dari data BPBD ruang terbuka Jakarta hingga akhir 2013 hanya 9,8 persen dari total wilayah. Dengan jumlah ini satu orang di Jakarta berbanding dengan enam meter ruang terbuka hijau. Padahal standar Asia harusnya minimal satu orang berbanding 15 meter. "Bahkan untuk Eropa sekarang standarnya 60 meter per orang," ujarnya.

Dari pemetaan BPBD, dari 267 kelurahan yang ada di Jakarta, sebanyak 190 masuk dalam wilayah rawan banjir. Jumlah ini kemungkinan akan bertambah mengingat setiap tahun permukaan tanah Jakarta terus menurun.

"Secara perhitungan ekonomis untuk tahun 2013 kerugian akibat bencana di Jakarta senilai Rp7,2 triliun. Jumlah yang sangat besar di mana anggaran operasional BPBD tidak lebih dari 15 persen dari kerugian setahun," katanya.

Minimnya kemampuan BPBD DKI Jakarta diakui Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta, Bambang Musyawardana.

"Kita mengakui keterbatasan kita. Kita mengajak semua unsur seperti perusahaan, LSM, NGO, mahasiswa, ormas dan media untuk membuat forum pengurangan risiko bencana dan adaptasi perubahan iklim," katanya.

Forum ini sebagai antisipasi dari kemungkinan bencana alam yang akan terus meningkat setiap tahunnya. Forum ini disipakan untuk antisipasi pra bencana hingga pasca bencana.

"Tidak mungkin pemerintah bergerak sendiri. Bencana akan berdampak pada semua sektor dan penanganannya harus dilakukan semua sektor," katanya.


Cara Cepat Hamil Alami Rahasia Dokter

Like dan share ya sobat...
Link Artikel: http://beritainfosehat.blogspot.com/2014/03/penyebab-jakarta-rentan-perubahan-iklim.html
Rating Artikel: 100% based on 9999 ratings. 99 user reviews.

PENYEBAB JAKARTA RENTAN PERUBAHAN IKLIM DAN BENCANA Strategi Penanggulangan Bencana Di Ibukota

Posted by Berita Info Sehat, Published at 6:41 AM and have 0 comments
Comments :

No comments:

Post a Comment