Info Dunia Kehidupan Artis dan Tips Kesehatan Terbaru 2015

KRONOLOGIS GURU DAN SISWI SMA JAKTIM Hukuman Guru SMA Jaktim Harus Disanksi Berat

Cara Cepat Hamil Alami Rahasia Dokter

VIDEO YOUTUBE KRONOLOGIS GURU DAN SISWI SMA 22 JAKTIMKRONOLOGIS GURU DAN SISWI SMA JAKTIM Hukuman Guru SMA Jaktim Harus Disanksi Berat. Seorang siswi di sebuah SMA di Jakarta Timur menjadi korban pencabulan oleh gurunya. Seperti apa pengakuannya?

Berkesempatan berbincang dengan siswi yang menjadi korban pelecehan tersebut, Jumat (1/3/2013) di rumahnya di Jakarta Timur. Siswi tersebut pun membeberkan peristiwa yang menimpanya tersebut. Berikut wawancara lengkapnya.

Seperti apa kronologi pelecehan tersebut?

26 Juni 2012 pulang dari Bali. Guru-guru di sekolah rapat di Sukabumi. Jam 14.30 WIB menuju ke mari. Pelaku, Pak T nelpon saya, neng lagi di mana? Pukul 15.00 WIB siang bapak sampai sekolah. Ada yang mau bapak omongin. Ngomongin apa nih pak?
Pokoknya penting.

OK. Janjian di mana? di BCA utan kayu aja. Karena takutnya anak-anak pada tahu mobil dia kalau di deket SMA.

Apa yang dilakukan Pak T dalam pertemuan tersebut?

Pas ketemu, tangan saya dipegang sama dia. Minyak wangi kamu wangi banget neng? Kata dia. Terus masuk tol ke Ancol. Makan Pizza, ajak keliling. Parkir samping Pizza. Agak gelap, saya dipaksa ituin dia sampai dia puas. Tangan saya dilap pakai tisu, tisu dibuang. Saya dianter sampai Cempaka Putih, kasish Rp 50 ribu ditungguin naik taksi.

Itu kejadian pertama atau ada peristiwa berikutnya?

Kemudian yang ke 2 bulan Juli. Saya diajak ke Sentul makan Bakmi Kelinci. Dia bilang ada kegiatan ekskul. Saya ikutin apa kata dia. Janjian di BKPP. Makan bakmi.
Mau naik mobil bapak ga? kata dia. Saya nggak bisa naik begituan. Akhirnya keliling di Sentul. Dia ngajak nonton. Jam 18.30 WIB malam.

Ini sudah malam, nggak mau pak. Gimana kalau belanja aja? Tapi takutnya ada yang tahu kalau kita belanja. Terus di parkiran dia buka celana, maksa saya buat gitu lagi. Lalu saya dianterin di depan Universitas di Cawang, kasih Rp 50 ribu ditungguin naik taksi.

Ada ancaman-ancaman sehingga anda tutup mulut selama ini?

Saya diancam, nilai-nilai saya. Itu sejak pertama kali setelah kita melakukan. Jangan bilang ke siapa-siapa. Nilai dan ijazah kamu terancam.

Peristiwa pelecehan itu terus berlanjut?

Ketiga kalinya di Ancol. Bulan Juli juga. Dengan dalih yang sama. Sambil menundukkan kepala saya, memaksa untuk melakukan itu juga. Pas pilihannya Jokowi kan libur, Pak T jam 10.30 WIB telepon saya. Gimana kalau di rumah? loh emang bunda ke mana pak? bunda lagi ke pemakaman kan mau puasa. Terus kita janjian di depan Kementerian Lingkungan Hidup di Cawang.

Sepanjang jalan dia nyanyi-nyanyi. Saya suruh ke belakang masuk di bagasi. Di bagasi sudah disiapin selimut dan bantal. Kursinya juga sudah di lipat ke depan. Sampai rumahnya, saya masuk lewat pintu samping. Di dalamnya biasa ngomongin sekolah, cerita kalau dia suka kucing. Dia bilang, bapak tahu wanita kayak gimana, makanya bapak nggak mau melakukan hal sejauh itu. Karena dia kan guru Biologi juga, kita nggak sampai jauh, nggak sampai ngeseks.

Kenapa diam saja setelah dilecehkan seperti itu?

Yang pertama, Saya takut nilai-nilai saya terancam. Yang kedua, dia kan Wakasek. Dia punya jabatan.

Om saya kan kerja di Diknas, dia bilang, neng, coba tanyain ke om kamu kenapa saya nggak jadi Kepsek? Tapi sampai sekarang saya nggak pernah nanya ke om saya. Ke 4 kalinya itu saya nggak mau.

Kapan mulai cerita ke orang?

Karena saya nggak tahan, saya cerita ke Pak Y.

Kenapa cerita ke Pak Y?

Karena saya nggk punya sosok ayah. Sejak kecil saya nggak pernah thau ayah saya. Pak Y bilang ke saya, saya suruh lapor BK. November saya cerita ke BK.

Tanggapan BK?

BK sangat mendukung. Desember saya diminta BK bikin pernyataan ke Kepsek. BK datang ke Kepsek. Tapi kata Kepsek suruh nunggu hingga ujian April nanti. 2013.

Kapan keluarga mengetahui hal ini?

Februari tante tahu kasus ini. Lalu dia lapor ke Polsek Jatinegara tapi karena kejadiannya nggak cuma di Jaktim, tante lapor ke Polda. Terus ke KPAI juga.

Selama ini dipendam sendiri?

Iya. Saya takut mau cerita, nilai saya kan terancam.

Tidak mengganggu belajar?

Terganggu juga. Apalagi sudah mau TO.

Tanggapan sekolah?

Beberapa hari lalu, Kepsek datang ke sini. Minta damai. Minta dicabut perkara. Tapi saya nggak mau. Saya tetap mau melanjutkan.

Reaksi Kepsek tadi saat konpers bagaimana?

Kepsek lagi dipanggil Dinas. Tadi nggak ada.

Karena kasus ini?

Nggak tahu deh. Pak T kan di IPA. Ngajar Biologi. Dia kumpulin tanda-tangan anak-anak yang setuju sama dia.

Mereka setuju?
Anak-anak katanya kena ancaman juga. Anak IPA yang diajar Pak T. Anak-anak buku tahunan juga.

Sama Pak Y deket?

Dia guru Geografi. Yang diomongin Pak T di konpers tadi itu bohong semua. Itu alibinya dia aja. Semua bohong. Dia jago banget dalam memutar balikkan fakta.

Pak T masih jadi Wakasek?

Mengundurkan diri 20 Februari kemarin.

Karena kasus ini?

Iya.

Bagaimana respons teman-teman?

Sebagian ada yang bela saya, ada yang bela dia.

Sedeket apa kamu sama Pak T?

Kalau ada kegiatan, minta koordinasi sama dia. Aku kan bendahara juga di kelas. Waktu study tour di Bali. Semua kan sudah diatur. Bus itu sudah fix sama anak-anak sudah dibentuk kelompok. Saya di bus 2. Sebelumnya Pak T nanya, kamu nanti kelompoknya sama siapa aja, di bus berapa, kasih tahu bapak ya.

Eh besoknya sudah dirombak lagi. Jadi di bus 1. Saya tanya ke teman. Katanya Pak T yang ngeset semua. Dia nggak tahu kenapa. Pas dilihat pembimbingnya ternyata ada Pak T.

Kenal keluarga Pak T?

nggak kenal.

Usia dia?

Usia Pak T 46 tahun.

Pernah ketemu istrinya?

Pernah sekilas.

Bertemu istrinya di sekolah?

Bukan. Waktu ada acara sekolah di puncak.

Pak T sudah punya anak?

Sudah. SMP dan TK.

Setelah ini terungkap, Senin depan tetap sekolah?

Tetap sekolah karena di sekolah mau UAS.

Tanggapan teman-teman bagaimana?

Mereka sebagian mendukung. Ayo tunjukin kalau kamu benar. Meskipun saya sedih, saya tetap sekolah. Tapi teman-teman di kelas pada mojokin. "SNMPTN gue gimana ya? Karena kan nanti diliat dulu latar belakang sekolahnya gimana?" Gitu kata mereka.
Bikin status BBM juga mojokin saya. Saya cerita ke BK.

Apa yang paling terasa berat?

Ancaman itu yang sangat berat.

Yakin dengan usaha ke Polda?

Karena banyak yang mendampingi, saya tetap optimis.
Tiap salat, saya berdoa supaya saya diberi kekuatan. Takut terulang lagi ke anak-anak selain saya.

Bagaimana respons tetangga di rumah?

Tetangga sudah pada tahu. Mereka berharap biar kasus ini cepat selesai.

Akhirnya Guru SMA di Jaktim berinisial T yang diduga melecehkan siswinya dinonaktifkan dari jabatannya sebagai wakepsek. Yang bersangkutan juga dibebastugaskan dari tugas mengajar. Langkah ini dilakukan hingga proses hukum selesai.

"Ya sudah dinonaktifkan, berdasarkan keputusan Dinas Pendidikan DKI," kata Kepala Sekolah SMA, Absony Yohaeri, saat dikonfirmasi, Jumat (1/3/2013).

Apsoni menegaskan, penonaktifan T hingga batas waktu tak terbatas. "Hingga kasusnya selesai," jelasnya.

T dilaporkan muridnya ke KPAI dan Komnas PA. Diduga guru biologi itu melakukan pelecehan seksual dengan meminta oral seks kepada muridnya. Sang siswi diancam tak lulus ujian nasional.

Kini kasus itu sudah dilaporkan ke Polda Metro Jaya. Pihak kepolisian masih melakukan penyelidikan. Namun belum ada rencana memanggil T.

"Belum ada (rencana)," kata Kabid Humas Polda Metro Kombes Pol Rikwanto. T dalam jumpa pers di sekolahnya menyangkal melakukan pencabulan.

Polisi siap menjerat dengan hukuman pidana penjara, asalkan dalam proses pemeriksaan terbukti telah melakukan aksi bejatnya.

"Akan dikenakan UU Perlindungan Anak No. 22 Tahun 2003 dengan ancaman pidana 15 tahun penjara," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Rikwanto dalam pesan singkatnya yang diterima detikcom, Sabtu (2/3/2013).

Rikwanto menuturkan saat ini korban dan guru BK masih diperiksa oleh penyidik. Rencananya Polisi akan mengecek tempat kejadian perkara (TKP) yang disebut korban dalam laporannya. Selanjutnya Polisi akan mencari bukti-bukti dari tempat-tempat terjadinya pencabulan.

Seperti diberitakan sebelumnya, Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan di sebuah SMA di Jakarta Timur dilaporkan mencabuli siswinya dengan menyuruhnya melakukan oral seks dengan ancaman nilai buruk. Siswi tersebut lalu melaporkan ke keluarganya dan pada November 2012 siswi tersebut melapor ke guru BK.

Menurut penuturan keluarga, siswa kelas XII tersebut dicabuli saat masih kelas XI. Kejadian itu terjadi di mobil wakil kepsek dengan alasan akan membahas kegiatan ekstrakurikuler.

Namun menurut pengakuan sang siswi , ternyata tindakan bejat sang oknum guru dilakukan berkali-kali. Oknum guru tersebut terus memaksa siswi tersebut untuk memuaskannya, dengan ancaman diberi nilai buruk jika melawan.

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menilai apabila terbukti bersalah, ancaman hukuman 15 tahun penjara memang setimpal sesuai perbuatannya.

"Kita dari awal sepakat dengan kepolisian akan memproses hukum dan apabila terbukti akan dihukum yang seberat-beratnya," ujar Sekjen KPAI M Iksan.

Iksan menuturkan sesuai dengan pernyataan dari Dinas Pendidikan, oknum guru tersebut telah dicopot dari jabatannya sebagai wakil kepala sekolah. Namun statusnya sebagai PNS belum dicopot, karena masih menunggu keputusan dinas terkait.

"Sekarang dipindahkan ke kantor di tempat yang tidak berhubungan langsung dengan siswa, keterangan ini dari kepala dinas," ungkapnya.

Iksan mengakui tidak bisa mengintip setiap saat interaksi guru dengan murid. Maka semua kembali kepada diri pribadi masing-masing guru untuk menjaga etika profesinya. Lanjut Iksan, agar peristiwa memalukan ini tidak terulang lagi ada baiknya setiap ada urusan antara murid dengan guru dilakukan di lingkungan sekolah.

"Apabila dilakukan secara pribadi itu beresiko tinggi, siswa juga harus mau menolak. Kalau ada indikasi ancaman siswa lebih baik melapor ke pihak sekolah," pungkasnya.











Cara Cepat Hamil Alami Rahasia Dokter

Like dan share ya sobat...
Link Artikel: http://beritainfosehat.blogspot.com/2013/03/kronologis-guru-dan-siswi-sma-jaktim.html
Rating Artikel: 100% based on 9999 ratings. 99 user reviews.

KRONOLOGIS GURU DAN SISWI SMA JAKTIM Hukuman Guru SMA Jaktim Harus Disanksi Berat

Posted by Berita Info Sehat, Published at 5:09 AM and have 0 comments
Comments :

No comments:

Post a Comment