Info Dunia Kehidupan Artis dan Tips Kesehatan Terbaru 2015

IDUL ADHA 24 SEPTEMBER 2015 DITETAPKAN PEMERINTAH Muhammadiyah Tetapkan Idul Adha 23 September 2015

Cara Cepat Hamil Alami Rahasia Dokter

IDUL ADHA 24 SEPTEMBER 2015 DITETAPKAN PEMERINTAH Muhammadiyah Tetapkan Idul Adha 23 September 2015. Tepat pukul 19.00 WIB, Kemenag bersama sejumlah ulama, tokoh agama dan perwakilan negara sahabat selesai melaksanakan sidang Itsbat penentuan awal bulan Dzulhijjah, 1436 H. Dari sidang tersebut ditentukanlah tanggal 1 Dzulhijjah jatuh pada Selasa, 15 September 2015.

IDUL ADHA 24 SEPTEMBER 2015 DITETAPKAN PEMERINTAH

"Tadi kami mendengarkan laporan rukyat dari seluruh Indonesia. Dan tidak satupun yang melihat hilal. Jadi tahun ini kita menetapkan tanggal 1 dzuljihhan jatuh pada Selasa 15 September. Jadi artinya Idul Adha akan jatuh tanggal 24 September, pada hari Kamis," kata Dirjen Bimas Islam Kemenag, Machasin di kantornya Jl MH Thamrin, Jakpus, Minggu (13/9/2015).

Machasin menjelaskan, memang ada perbedaan dalam penentuan jatuhnya Idul Adha tahun ini. Kemenag tidak mempermasalahkan perbedaan ini.

"Kalau ada yang menetapkan atau meyakini tanggal 1 Dzulhijjah jatuh pada 14 September, kita memberikan kebebasan, karena tidak ada paksaan dalam masalah agama. Jadi dipersilahkan yang menurut keyakinannya tanggal 10 Dzulhijjah pada tanggal 23 September. Kita saling menghormati perbedaan ini," jelasnya

Sebelumnya, Muhammadiyah sudah mengeluarkan maklumat hari raya Idul Adha 1436 Hijriah jatuh pada 23 September 2015. Sekretaris Umum (Sekum) Muhammadiyah Abdul Mu'ti menerangkan penetapan itu didasarkan pada penghitungan hisab hakiki wujudul hilal. Kemungkinan, Mu'ti menambahkan, Arab Saudi dan mayoritas organisasi Islam lainnya juga akan merayakan Idul Adha pada 23 September.

Libur Idul Adha 24 September, Muhammadiyah Diserahkan ke Instansi Masing-masing


Pemerintah telah memutuskan Idul Adha 1436 H jatuh pada 24 September 2015. Hari libur pun disamakan dengan hari Idul Adha.

Sementara itu, Muhammadiyah telah menentukan Idul Adha jatuh pada 23 September 2015. Akankah tanggal 23 September juga diliburkan?

"Hari libur sudah ditetapkan pada tanggal 24 September, tapi itu bukan kewenangan kami dari Kemenag. Apakah bagi yang sekolah atau bekerja akan diliburkan, nanti itu ditetapkan oleh instansi masing-masing. Tapi jangan sampai ada penistaan karena ada perbedaan seperti ini," kata Dirjen Bimas Islam Kemenag, Machasin usai pelaksaan sidang itsbat di Kantor Kemenang, Jl MH Thamrin, Jakpus, Minggu (13/9/2015).

Perwakilan Muhammadiyah yang juga hadir dalam sidang itsbat sore ini mengaku tidak mempermasalahkan keputusan pemerintah soal hari Idul Adha yang berbeda. Muhammadiyah menghormati keputusan pemerintah yang ditentukan melakui sidang itsbat sore ini.

"Penentuan awal bulan tentang awal bulan Dzulhijjah, Muhammadiyah menetapkan sebulan sebelum Ramadan jatuh pada hari besok. Jadi Senin tanggal 1 Dzulhijjah, sehingga tanggal 10 jatuh pada Rabu, 23 September. Jangan dikatakan Muhammadiyah selalu beda dengan pemerintah. Yang bedakan kriteria yang ditetapkan Muhammadiyah dan pemerintah berbeda, pemerintah berlandas pada keputusan mabim ketinggian hilal 2 derajat," jelas Wakil Sekretaris Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah, Ma'rifat Iman.

"Alhamdulillah tidak ada masalah. Muhammadiyah yang penting mengimbau pada internal warga Muhammadiyah. Ada masyarakat islam Indonesia yang fanatik terhadap Saudi. Kalau Saudi menetapkan hari ini, maka mereka ikut. Tahun-tahun sebelumnya Muhammadiyah sama dengan Saudi. Muhammadiyah dengan hisab, Saudi dengan rukyat. Mereka juga tidak terikat ketentuan mabim. Tapi bukan kemungkinan selalu sama," imbuhnya.

Sebelumnya, tepat pukul 19.00 WIB, Kemenag bersama sejumlah ulama, tokoh agama dan perwakilan negara sahabat selesai melaksanakan sidang Itsbat penentuan awal bulan Dzulhijjah, 1436 H. Dari sidang tersebut ditentukanlah tanggal 1 Dzulhijjah jatuh pada Selasa, 15 September 2015, sehingga, Idul Adha diputuskan jatuh pada Kamis 24 September 2015.


Cara Cepat Hamil Alami Rahasia Dokter

Like dan share ya sobat...
Link Artikel: http://beritainfosehat.blogspot.com/2015/09/idul-adha-24-september-2015-ditetapkan.html
Rating Artikel: 100% based on 9999 ratings. 99 user reviews.

IDUL ADHA 24 SEPTEMBER 2015 DITETAPKAN PEMERINTAH Muhammadiyah Tetapkan Idul Adha 23 September 2015

Posted by Berita Info Sehat, Published at 6:04 AM and have 0 comments
Comments :

No comments:

Post a Comment