Info Dunia Kehidupan Artis dan Tips Kesehatan Terbaru 2014

PENYEBAB ACEH GEMPA 6,2 SR JULI 2013 Hasil Analisa Aceh Gempa Di Kabupaten Bener Meriah


VIDEO PENYEBAB ACEH GEMPA 6,2 SR JULI 2013 Hasil Analisa Aceh Gempa Di Kabupaten Bener MeriahPENYEBAB ACEH GEMPA 6,2 SR JULI 2013 Hasil Analisa Aceh Gempa Di Kabupaten Bener Meriah. Aceh digoyang gempa 6,2 Skala Richter (SR) yang berpusat di 35 km dari Kabupaten Bener Meriah, Aceh, dengan kedalaman 10 km. Pakar gempa menganalisa bahwa gempa itu terjadi karena pergeseran Patahan Sumatera atau Semangko.

Pakar gempa LIPI Dr Danny Hilman Natawidjaja mengatakan ada 2 patahan besar yang sejajar memanjang di Pulau Sumatera. Patahan pertama adalah Zona Subduksi yang memanjang di laut Samudera Hindia sepanjang bagian barat Sumatera. Pergeseran Zona Subduksi ini yang menyebabkan gempa dan tsunami di Aceh tahun 2004.

Patahan kedua adalah Patahan Sumatera atau Semangko yang memanjang di tengah daratan Sumatera. Dari informasi bahwa pusat gempa 6,2 SR berada di daratan sekitar Bener Meriah dan Aceh Tengah, Danny menduga kemungkinan besar hal itu karena pergeseran Patahan Sumatera ini.

"Yang jelas secara umum gempa itu bukan hal yang istimewa. Di situ sudah ratusan tahun nggak ada gempa besar, skala gempanya sekitar 6 SR. Apakah memang tipikalnya begitu atau energinya belum keluar ya belum tahu," kata Danny yang meneliti mengenai Patahan Sumatera dan Zona Subduksi ini.

Yang dimaksud gempa besar adalah 6,5 - 8 SR ke atas, sedangkan yang terjadi di Aceh hari ini adalah gempa sedang yang kisarannya 5-6,5 SR. Lebih dari 8 SR maka digolongkan gempa sangat besar.

"Kalau yang segmen Takengon (Aceh Tengah) ini sampai di daerah dekat-dekat Danau Toba itu," jelas Danny yang dihubungi, Selasa (2/7/2013).

Penampakan Kerusakan Bangunan di Takengon Aceh Akibat Gempa

Gempa 6,2 skala richter (SR) yang melanda kawasan Aceh mengakibatkan kerusakan bangunan. Khusus di wilayah Takengon, Aceh Tengah, ini penampakan salah satu gedung yang hancur.

Bangunan ini terletak di wilayah kota. Tampak tembok yang hancur di sebelah sisi kiri. Pintunya pun rusak.

Menurut salah seorang warga, Roni Juanda, sejumlah bangunan memang hancur. Sebagian bahkan ada yang rata dengan tanah.

Tak hanya rumah rusak, sejumlah warga juga terluka. Sebagian ada yang terkena reruntuhan, sisanya akibat kecelakaan lalu lintas.

"Mereka berhamburan ke luar rumah, namun malah terjadi laka lantas," ceritanya.

Gempa berkekuatan 6,2 skala richter (SR) ini terjadi pukul 14.37 WIB. Tak ada ancaman tsunami yang ditimbulkan.

Pusat gempa berada di kedalaman 10 kilometer di daratan. Lokasinya berada di barat daya Kabupaten Bener Meriah, NAD.

BMKG melaporkan gempa terjadi selama 15 detik. 17 Rumah di Bener Meriah rusak, lima orang luka.

Penjelasan Danny Hilman ini juga dibenarkan Kabid Gempa Bumi BMKG Wandono saat dihubungi terpisah. "Itu aktivitas besar dari Patahan Sumatera," kata Wandono singkat karena sedang rapat tersebut.


Jumlah Korban Luka Gempa Aceh di Bener Meriah 50 Orang

Sekitar 50 orang dilaporkan terluka akibat gempa 6,2 skala richter (SR) yang melanda Kabupaten Bener Meriah, Provinsi Aceh. Mereka mengalami luka luar hingga tulang patah.

"Kami menerima laporan sekitar 50 orang luka karena tembok di rumah mereka runtuh," kata Ema Suryani, dokter di klinik kesehatan kota Lampahan, Bener Meriah, kepada AFP, Selasa (2/7/2013).

Gempa berkekuatan 6,2 skala richter (SR) ini terjadi pukul 14.37 WIB. Tak ada ancaman tsunami yang ditimbulkan.

Pusat gempa berada di kedalaman 10 kilometer di daratan. Lokasinya berada di barat daya Kabupaten Bener Meriah, NAD.

Pihak BNPB sebelumnya mengatakan, ada 17 rumah yang rusak. Warga sempat panik dan berhamburan ke luar rumah.

Sementara ini, laporan kerusakan berada di Bener Meriah dan Takengon, Aceh Tengah. Saluran telepon dan internet agak terganggu. 7 Rumah di Bener Meriah dilaporkan rusak.

Hal itu dikatakan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bener Meriah Fauzi .

"Ada yang laporan ke kami via HT, sementara ada 17 unit rumah (rusak)," jelas Fauzi yang menuju lokasi di mana kerusakan dilaporkan di Bener Meriah.

Fauzi belum menerima lengkap apakah 17 unit rumah itu hanya retak atau sampai roboh. Sementara dilaporkan ada 5 orang luka dan dibawa ke rumah sakit.

"Tadi gempa sekitar 3 menit baru selesai. Lampu, listrik mati. Untuk telekomunikasi masih aktif," jelas Fauzi.




Like dan share ya sobat...
Link Artikel: http://beritainfosehat.blogspot.com/2013/07/penyebab-aceh-gempa-62-sr-juli-2013.html
Rating Artikel: 100% based on 9999 ratings. 99 user reviews.

PENYEBAB ACEH GEMPA 6,2 SR JULI 2013 Hasil Analisa Aceh Gempa Di Kabupaten Bener Meriah

Posted by Berita Info Sehat, Published at 6:30 AM and have 0 comments
Comments :

No comments:

Post a Comment