Info Dunia Kehidupan Artis dan Tips Kesehatan Terbaru 2015

[FOTO] KRONOLOGIS LAPAS LABUHAN RUKU SUMATERA UTARA TERBAKAR Situasi Kondisi LP Labuhan Ruku Kab Batubara 2013

Cara Cepat Hamil Alami Rahasia Dokter

[FOTO] KRONOLOGIS LAPAS LABUHAN RUKU SUMATERA UTARA TERBAKAR Situasi Kondisi LP Labuhan Ruku Kab Batubara 2013. Terjadi kerusuhan napi di LP Labuhan Ruku, Kabupaten Batubara, Sumatera Utara. Ada bangunan yang terbakar. Ini wujud suasana di lokasi.

Seorang warga setempat, Ibnu Piliang, mengirimkan foto situasi terakhir di lokasi. Asap hitam membubung tinggi dari bangunan belakang penjara. Insiden terjadi pukul 17.00 WIB."Sepertinya itu ruang tahanan," kata Ibnu.

Sejumlah personel polisi dan TNI sudah terjun ke lokasi. Warga juga berkerumun untuk menyaksikan peristiwa ini.Belum diketahui apa penyebab kerusuhan dan kemungkinan adanya korban.

Ada Napi Kabur Saat Kerusuhan di LP Labuhan Ruku

Ditjen PAS memastikan ada sejumlah napi yang kabur dari LP Labuhan Ruku, Kabupaten Batubara, Sumut. Mereka memanfaatkan situasi saat kerusuhan terjadi.

"Ada yang melarikan diri," kata Kasubdit Humas Ditjen PAS Akbar Hadi.Namun Akbar belum bisa memberikan informasi detail soal jumlah napi yang kabur. Saat ini, proses pendataan masih dilakukan.

Dalam data Ditjen PAS, LP Labuhan Ruku saat ini dihuni oleh 800 orang tahanan/napi. Padahal kapasitasnya hanya untuk 300 orang. Artinya LP tersebut mengalami kelebihan kapasitas hingga 289 persen.

Sebanyak 25 sampai 30 narapidana berhasil kabur akibat rusuh di Lapas Labuhan Ruku, Sumatera Utara. Hingga saat ini petugas masih berusaha mengondusifkan kondisi lapas kelas II A tersebut."Ada 25 sampai 30 orang napi yang berhasil melarikan diri," kata Kakanwil Kumham Sumatera Utara, Budi Sulaksana, saat dikonfirmasi, Minggu (18/8/2013).

Budi mengatakan, napi yang kabur tidak melewati pintu depan. Para napi kabur lewat pagar yang berada di belakang penjara."Mereka kabur loncat pagar dari belakang," ujarnya.

Budi belum mengetahui apakah ada korban dari kejadian tersebut. "Kita masih menuju lokasi, mengenai perkembangan diinfokan nanti," ucapnya.

Sipir dan Napi Sempat Bentrok Sebelum Lapas Labuhan Ruku Terbakar

Kerusuhan yang terjadi di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas II A Labuhan Ruku dipicu bentrokan sipir sama napi. Bentrok itu membuat seorang sipir dipukul napi.

Plk Kepala LP Labuhan Ruku Sutopo Berutu, menyatakan masih belum bisa dipastikan apa penyebab bentrokan itu."Sebelum kebakaran itu, ada sipir yang bentrok dengan napi, belum tahu apa pemicunya," kata Berutu kepada wartawan di lokasi kejadian, Minggu (18/8/2013).

Pihak LP saat ini masih belum dapat memberikan keterangan lebih lanjut, karena situasi juga masih belum terkendali. Para napi masih menguasai LP, sementara petugas masih berada di luar. Saat kejadian diketahui, ada 874 napi yang berada di dalam LP. 

Kejadian ini juga dimanfaatkan napi untuk kabur dari penjara. Kakanwil Kumham Sumut, Budi Sulaksana, mengatakan ada sekitar 25 sampai 30 napi melarikan diri.

Dua Petugas di Lapas Labuhan Ruku Masih Terjebak di Dalam Penjara

Kerusuhan Lapas Kelas II A Labuhan Ruku, Sumatera Utara yang menyebabkan kebakaran membuat 25 sampai 30 napi berhasil kabur. Meski kondisi lapas yang terbakar sudah dalam proses pendinginan, namun dua orang petugas lapas yang berada dalam blok masih belum diketahui kondisinya.

"Sampai saat ini masih ada 2 orang petugas di dalam blok yang belum dapat diketahui keadaannya," ujar Kasubdit Humas Ditjen Pas, Akbar Hadi saat dikonfirmasi, Minggu (18/8/2013).

Belum dapat dipastikan pula apakah ada unsur penyanderaan terhadap kedua petugas ini. Petugas masih di lokasi kejadian untuk menangani masalah ini."Saat itu terdapat 6 orang petugas jaga dan 2 orang bantuan keamanan dari Polres setempat," imbuhnya.

Kejadian yang terjadi sekitar pukul 17.00 WIB ini diduga dipicu oleh bentrokan napi dengan sipir. Bentrokan tersebut menyebabkan sipir dipukul oleh napi.

Ditjen Pas: Napi Menyerang dan Membakar Pos Pengamanan Lapas Labuhan Ruku

Kerusuhan lapas kembali terjadi, kali ini terjadi di Lapas kelas II A Labuhan Ruku, Kabupaten Batubara, Sumatera Utara. Petugas setempat masih menangani kerusuhan yang menyebabkan kebakaran ini."Kejadian sekitar pukul 17.00 WIB, WBP (Warga Binaan Pemasyarakatan) spontan menerobos ke pos pengamanan dan melakukan penyerangan terhadap petugas Serta melakukan pembakaran ruang KPLP dan ruang registrasi," papar Kasubdit Humas Ditjen Pas, Akbar Hadi saat dikonfirmasi, Minggu (18/8/2013).

Menurut informasi yang diterima olehnya, saat itu terdapat 6 orang petugas jaga dan 2 orang bantuan keamanan dari Polres setempat. "Sebagai info, data sms gateway, Labuhan Ruku diisi oleh 867 penghuni, dengan kapasitas sekitar 300 orang," imbuhnya.

Ia belum mendapat data secara pasti berapa jumlah napi yang kabur dari lapas Labuhan Ruku. Saat ini pihak lapas telah berkordinasi dengan kepolisian, TNI, dan Pemadam Kebakaran. "Namun Lokasi Lapas letaknya cukup jauh dan butuh waktu sekitar 45 menit dari Polres ke Lapas," pungkasnya.

Menurut keterangan Kakanwil Kumham Sumut, Budi Sulaksana, kejadian ini membuat sekitar 25 sampai 30 napi melarikan diri. Mereka lari dengan cara lompat pagar yang ada di belakang bangunan penjara.

Napi Melawan dengan Melempari Petugas di Lapas Labuhan Ruku

Hingga pukul 20.00 WIB para napi masih menguasai LP Labuhan Ruku, Batubara, Sumatera Utara (Sumut). Petugas masih bersiaga di depan LP dan belum dapat masuk.

Petugas yang berasal dari berbagai satuan, mulai dari polisi, tentara hingga pihak sipir sudah berada di lokasi. Mereka bersiaga dengan menggunakan peralatan lengkap.

Sementara dari dalam penjara para napi masih belum menyerah. Mereka memberikan perlawanan dengan melemparkan berbagai benda ke arah petugas"Masih ada pelemparan terus sampai sekarang," kata Endi warga yang berada di lokasi.


Cara Cepat Hamil Alami Rahasia Dokter

Like dan share ya sobat...
Link Artikel: http://beritainfosehat.blogspot.com/2013/08/foto-kronologis-lapas-labuhan-ruku.html
Rating Artikel: 100% based on 9999 ratings. 99 user reviews.

[FOTO] KRONOLOGIS LAPAS LABUHAN RUKU SUMATERA UTARA TERBAKAR Situasi Kondisi LP Labuhan Ruku Kab Batubara 2013

Posted by Berita Info Sehat, Published at 5:33 AM and have 0 comments
Comments :

No comments:

Post a Comment