Info Dunia Kehidupan Artis dan Tips Kesehatan Terbaru 2015

[FOTO] BADAI PASIR DI MEKKAH MADINAH 2015 Jamaah Haji Mengalami Gangguan Kesehatan Akibat Badai Pasir

Cara Cepat Hamil Alami Rahasia Dokter

[FOTO] BADAI PASIR DI MEKKAH MADINAH 2015 Jamaah Haji Mengalami Gangguan Kesehatan Akibat Badai Pasir. Sore di Masjidil Haram tidak seperti hari biasanya. Awan gelap menaungi wilayah Tanah Suci tempat umat Islam menunaikan Ibadah haji itu

[FOTO] BADAI PASIR DI MEKKAH MADINAH 2015

Angin berhembus semakin kencang, suhu turun perlahan. Burung-burung dara yang biasa beterbangan di sekitar Masjidil Haram beterbangan mencari tempat perlindungan.

Jarak pandang lambat laun berkurang, gedung-gedung yang tadinya terlihat jelas semakin samar terhalang gempuran pasir. Tak ada burung yang terbang, berganti dengan plastik, kardus, bahkan kain yang tertiup angim sampai tinggi.

Orang-orang yang berada di sekitar Masjidil Haram beristighfar dan bertakbir perlahan. Mereka menutupi hidung dan mulut dengan masker atau bahan seadanya.

Angin menerpa tubuh jemaah, seolah mendorong-dorong ke segala arah. Entah berapa kecepatan angin pada saat itu. Tapi kekuatannya mampu membuat teralis besi pembatas jalan bergelimpangan dan plastik merah yanf biasa digunakan untuk menutup jalan terseret ke mana-mana.

Pohon-pohon mengayun ke kiri dan ke kanan. Pengemudi menyalakan lampu dan melambatkan kendaraannya agar tidak terhempas angin.

Badai pasir berlangsung sekitar 30 menit. "Awan gelap Mas. Lampu-lampu di bandara dinyalakan," tutur seorang petugas haji Yahya yang bertugas di Bandara Malik Abdul Aziz Jeddah.

Badai telah menyebabkan sampah berserakan di mana-mana. Di Bandara Jeddah, jemaah haji Indonesia sempat diungsikan ke dalam bus saat sedang berganti ihram.

Satu penerbangan haji tujuan Jeddah sempat dialihkam ke Madinah. Namun setelah badai selesai, pesawat yang mengangkut jemaah haji asal DKI Jakarta itu melanjutkan perjalanan dan mendarat dengan selamat di Jeddah pada malam hari.

Gangguan Kesehatan Akibat Badai Pasir Untuk Jamaah Haji


Arab Saudi dan negara Timur Tengah lainnya tengah dilanda badai pasir. Ketika kondisi itu terjadi, sebenarnya apa dampak paparan badai pasir ini terhadap kesehatan?

Menurut Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kemenkes RI, Prof Tjandra Yoga Aditama, SpP(K), MARS, DTM dan H, DTCE, sampai sekarang belum ada data ilmiah tentang dampak yang terjadi di Saudi Arabia. Namun, berdasarkan penelitian tentang badai-badai pasir di tempat lain dan di waktu-waktu yang lalu, ada dua hal yang bisa disampaikan.

"Kandungan badai pasir dapat berupa partikel padat, toxin, virus atau bakteri, serta bahan lain seperti sulfur, logam berat, karbon monoksida dan mungkin juga bahan pestisida," kata Prof Tjandra dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Rabu (9/9/2015).

Nah, data berbagai negara, lanjut Prof Tjandra, menunjukkan keluhan yang mungkin timbul akibat badai pasir antara lain berupa batuk, pilek, keluhan mengi, serangan asma akut, iritasi mata, sakit kepala, nyeri badan, gangguan tidur, dan gangguan psikologis.

Akibat badai pasir yang melanda kota Makkah dan Jeddah, penerbangan di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah, sempat terganggu. Bahkan satu pesawat Garuda yang mengangkut jemaah haji Indonesia dialihkan penerbangannya ke Madinah.

Badai pasir ini terlihat dari Masjidil Haram, angin bertiup kencang dan menerbangkan barang-barang kecil seperti plastik ke angkasa. Pembatas jalan yang terbuat dari besi dan plastik terjatuh atau tertiup hingga menghalangi jalan.

Orang-orang menutup mulut dan wajah mereka untuk melindungi diri dari terpaan pasir. Pengemudi mengurangi kecepatannya karena terpaan angin membuat keseimbangan mobil terganggu.

"Perlindungan tentu pada dasarnya sedapat mungkin menghindar dari tempat atau area badai pasir yang sedang terjadi. Atau menunggu sampai badainya berhenti dan baru ke luar rumah atau bangunan," pesan Prof Tjandra.

Tiga Jemaah Indonesia Sempat Dirawat karena Masalah Pernafasan



Badai pasir ternyata tidak hanya mengganggu penerbangan haji Garuda Indonesia dengan nomor flight GA 7274 saja. Penerbangan haji Indonesia yang menggunakan Saudi Airlines SV 2505 yang membawa penumpang kloter 42 dari Surabaya juga dialihkan.

"Ada dua pesawat, yakni JKG 27 dan SUB 42 yang terpaksa dialihkan ke Bandara Madinah," kata Kepala Daerah Kerja Bandara Jeddah-Madinah PPIH Arab Saudi Nurul Badruttamam kepada Tim MCH di Jeddah, Arab Saudi, Selasa (8/9/2015) malam.

Kedua penerbangan itu sudah mendarat di Jeddah dengan selamat semalam. Namun tiga orang penumpang terpaksa mendapatkan perawatan khusus karena pekatnya pasir yang melingkupi bandara King Abdul Aziz di Jeddah.

"Ketiganya ada riwayat penyakit asma dan paru-paru kronis, sehingga harus mendapatkan perawatan," ujar Agung.

Setelah diberikan injeksi, infusan, dan obat respirasi, ketiga jemaah tersebut langsung bergabung kembali bersama rombongan satu kloternya. Setelah itu, prosesi miqat di bandara lalu perjalanan ke Makkah berjalan dengan baik.

"Jemaah langsung dibagikan masker, air minum, dan dibimbing untuk persiapan berihram. Sampai bus, langsung kami berikan makanan," ujar Kepala Seksi Perlindungan Jamaah Daker Bandara Jeddah-Madinah AKBP Jajang Hasan Basri.


Cara Cepat Hamil Alami Rahasia Dokter

Like dan share ya sobat...
Link Artikel: http://beritainfosehat.blogspot.com/2015/09/foto-badai-pasir-di-mekkah-madinah-2015.html
Rating Artikel: 100% based on 9999 ratings. 99 user reviews.

[FOTO] BADAI PASIR DI MEKKAH MADINAH 2015 Jamaah Haji Mengalami Gangguan Kesehatan Akibat Badai Pasir

Posted by Berita Info Sehat, Published at 8:04 AM and have 0 comments
Comments :

No comments:

Post a Comment