Info Dunia Kehidupan Artis dan Tips Kesehatan Terbaru 2015

KANKER HATI DAPAT DISEMBUHKAN Gejala Kanker Hati dan Pencegahannya

Cara Cepat Hamil Alami Rahasia Dokter

KANKER HATI DAPAT DISEMBUHKAN Gejala Kanker Hati dan Pencegahannya. Kanker hati telah lama dijuluki sebagai pembunuh diam-diam di dunia kedoteran karena keganasan dan sedikitnya gejala yang ditunjukkan pasiennya.

KANKER HATI DAPAT DISEMBUHKAN

Menurut data tahun 2013 yang dirilis Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), dari total populasi di Indonesia, sebanyak tiga juta hingga lima juta orang menderita kanker hati.

Menurut Dr Cheah Yee Lee, ahli bedah hati dari Gleneagles Hospital Singapura, rendahnya kesadaran masyarakat untuk segera menangani penyakit kanker hati sejak dini dan tidak mendapatkan pengobatan yang tepat adalah penyebab tingginya angka penyakit kanker hati di Indonesia.

Padahal, Cheah mengatakan, kanker hati sebenarnya dapat disembuhkan, selama masih berada di tahap awal dan kanker belum menyebar.

"Ada harapan untuk sembuh bagi penderita kanker hati dan banyak pilihan pengobatan yang tersedia yang mampu memperpanjang kelangsungan hidup pasien," ujar Cheah saat ditemui di acara Health Talk bertajuk Operasi Kuning: Hati-Hati dengan Liver! di Jakarta, Jumat, 18 September 2015.

Ia menjelaskan, metode penanganan pasien kanker hati terbagi dua, yaitu operasi dan nonoperasi. Metode operasi terdiri dari operasi reseksi dan transplantasi atau cangkok.

Sedangkan pasien yang sudah berada di stadium lanjut dan tidak bisa disembuhkan dengan cara operasi memiliki beberapa pilihan terapi yang mampu memperpanjang harapan hidupnya.

Beberapa terapi itu, antara lain, Transcatheter arterial chemoembolization (TACE), Radiofrequency ablation (RFA), Selective internal radiation therapy (SIRT), Microwave ablation (MWA) dan High-intensity focuses ultrasound (HiFA).

Cheah mengatakan, pengobatan kanker hati masih penuh tantangan akibat terkait dengan penyakit sirosis hati.

Karena pasien kanker hati stadium lanjut sudah tidak dapat diobati dan hanya bisa melakukan terapi untuk memperpanjang kesempatan hidup, menurutnya, di situlah pentingnya memeriksakan diri. Terutama ketika Anda pembawa atau menderita hepatitis B, hepatitis C, obesitas, autoimmune dan memiliki gaya hidup tak sehat seperti mengonsumsi alkohol.

Menurut Cheah, untuk mencegah penyakit kanker hati, harus melakukan serangkaian tes. Pemeriksaan diri sebanyak satu atau dua kali dalam setahun. Selain itu, lakukan tes darah satu kali selama tujuh bulan.

Kasus penderita kanker hati yang meninggal dunia umumnya dikarenakan terlambat memeriksakan diri sehingga ketika didiagnosis, kanker telah mencapai stadium lanjut atau menyebar.

"Untuk pasien kanker hati stadium awal, pengobatan masih sangat mungkin dilakukan. Ada variasi pengobatan efektif yang bisa dilakukan, baik itu secara tunggal atau kombinasi," katanya.

Berikut ini adalah beberapa gejala awal orang terkena penyakit liver atau kanker hati yang paling umum dan sering terjadi sebelum pada tahap kronis:
  • Tanda awal seseorang mengidap penyakit liver yaitu peradangan pada hati.
  • Perubahan pada air urine menjadi kekuningan atau kecokelatan.
  • Sering mengalami rasa mual ingin muntah, Sering mengalami diare.
  • Mengalami perubahan selera makan yang semakin menurun
  • Tubuh mudah merasa capek, letih, lesu, Perubahan feses menjadi pucat.
  • Mengalami penurunan semangat dalam melakukan aktivitas karena lemas
  • Sering mengalami perubahan pada sistem imunitas tubuh, terkadang naik/turun
  • Sering mengalami nyeri pada perut bagian kanan atas dan gangguan pencernaan
  • Mengalami penurunan berat badan yang cepat karena tidak nafsu makan.
  • Terjadinya pembesaran pada pembuluh darah, Kadar gula darah tergolong rendah.
  • Menurunnya gairah seksual dan libido seksual, Mengalami anemia (kurang darah).
  • Sering mengalami rasa nyeri, linu dan pegal pada persendian
  • Terjadi perubahan pada warna mata dan kulit menjadi kuning.
  • Menimbulkan bau mulut dan bau badan yang kurang sedap.
  • Tubuh mudah memar bila terbentur atau jatuh dan perdarahan pada hidung yang disebabkan tubuh kekurangan protein.
  • Terkadang pada sebagian kecil penderita penyakit hati atau liver, terutama bila menyerang wanita akan mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur dan masalah keputihan yang tidak normal.
  • Sering terjadi rasa nyeri pada perut sehingga perut membusung seperti orang busung lapar. Hal ini diakibatkan hati mengalami pembengkakan yang kemudian naik ke rongga perut bagian atas dan membuat penderita sulit untuk bernapas.
Tips Cara Mencegah Gejala Kanker Hati Yang Berbahaya

Disini ada 3 macam cara pencegahan ciri ciri penyakit kanker hati yaitu pencegahan primordial, pencegahan primer, dan pencegahan sekunder. Semuanya akan dijelaskan sebagai berikut:

a. Pencegahan primordial.

Pencegahan primordial adalah pencegahan yang dilakukan terhadap orang yang belum terpapar faktor risiko, pencegahan yang dilakukan antara lain
  • Konsumsi makanan berserat seperti buah dan sayur serta konsumsi makanan dengan gizi seimbang.
  • Hindari makanan tinggi lemak dan makanan yang mengandung bahan pengawet atau pewarna.
  • Konsumsi vitamin A, C, E, B kompleks dan suplemen yang bersifat antioksidan, peningkat daya tahan tubuh.
  • Menjalankan pola hidup sehat, seperti tidak tidur larut malam (sering begadang) karena penelitian membuktikan ini sangat berbahaya pada kesehatan hati, dan kebiasaan lainnya yang seperti merokok, atau konsumsi alkohol.
b. Pencegahan primer

Pencegahan primer merupakan pencegahan yang dilakukan terhadap orang yang sudah terpapar faktor isiko agar tidak sakit, pencegahan primer yang dilakukan antara lain dengan :
  • Memberikan imunisasi hepatitis B bagi bayi segera setelah lahir sehingga pada generasi berikutnya virus hepatitis B dapat dibasmi.
  • Memberikan penyuluhan kepada masyarakat tentang virus hepatitis (faktor-faktor risiko kanker hati) sehingga kejadian kanker hati dapat dicegah melalui perilaku hidup sehat.
  • Menghindari makanan dan minuman yang mengandung alkohol karena alkohol akan semakin meningkatkan risiko terkena kanker hati.
  • Menghindari makanan yang tersimpan lama atau berjamur karena berisiko mengandung jamur Aspergillus flavus yang dapat menjadi faktor risiko terjadinya kanker hati.
  • Membatasi konsumsi sumber radikal bebas agar dapat menekan perkembangan sel kanker dan meningkatkan konsumsi antioksidan sebagai pelawan kanker sekaligus mangandung zat gizi pemacu kekebalan tubuh.
c. Pencegahan sekunder

Pencegahan sekunder merupakan upaya yang dilakukan terhadap orang yang sudah sakit agar lekas sembuh dan menghambat progresifitas penyakit melalui diagnosis dini dan pengobatan yang tepat, dalam hal ini diagnosis sangat penting dilakukan. Dan biasanya juga dilakukan pengobatan alami yang bebas efek samping dengan mengkonsumsi obat kanker hati tradisional


Cara Cepat Hamil Alami Rahasia Dokter

Like dan share ya sobat...
Link Artikel: http://beritainfosehat.blogspot.com/2015/09/kanker-hati-dapat-disembuhkan-gejala.html
Rating Artikel: 100% based on 9999 ratings. 99 user reviews.

KANKER HATI DAPAT DISEMBUHKAN Gejala Kanker Hati dan Pencegahannya

Posted by Berita Info Sehat, Published at 7:23 AM and have 0 comments
Comments :

No comments:

Post a Comment