Info Dunia Kehidupan Artis dan Tips Kesehatan Terbaru 2015

KISAH CRANE JATUH DI MASJIDIL HARAM SUDAH LAMA TIDAK TERPAKAI Masjidil Haram Ditutup Sebagian Bagi Jemaah 2015

Cara Cepat Hamil Alami Rahasia Dokter

KISAH CRANE JATUH DI MASJIDIL HARAM SUDAH LAMA TIDAK TERPAKAI Masjidil Haram Ditutup Sebagian Bagi Jemaah 2015. Crane yang jatuh pada Jumat lalu adalah yang terbesar di antara alat berat serupa yang digunakan dalam konstruksi perluasan Masjidil Haram, hal ini disampaikan oleh pekerja konstruksi asal Indonesia.


"Itu crane paling besar yang ada di Masjidil Haram. Jangkauannya luas jadi digunakan untuk semuanya," kata Sriyono Bashier.

Sriyono yang telah 20 bulan bekerja sebagai tukang besi di lokasi konstruksi perluasan Masjidil Haram mengatakan crane tersebut sudah lama tidak digunakan.

"Crane itu sudah lama tidak dipakai. Ada yang bilang crane jatuh karena beban berat yang menjadi penyeimbangnya telah diambil separuh," ujar pria 37 tahun ini.

Sejauh ini Kerajaan Arab Saudi mengatakan crane jatuh karena angin kencang. Penyelidikan masih terus dilakukan dan pengumuman hasil investigasi akan disampaikan langsung oleh Raja Salman.

Sebanyak 107 orang meninggal dunia dalam insiden yang terjadi Jumat lalu itu. Tujuh orang yang tewas di antaranya adalah warga negara Indonesia. Sebanyak 41 WNI juga dilaporkan terluka.

Saksi mata mengatakan insiden itu terjadi menjelang azan Magrib saat badai pasir disertai hujan lebat dan angin kencang terjadi.

"Banyak papan konstruksi beterbangan dan suara-suara retakan terdengar, berujung pada tragedi ini. Semua orang saling dorong untuk menuju pintu keluar," kata Yahya al Hashemi, reporter CNN yang menangkap gambar insiden itu dengan kamera ponselnya.

Menurut Bashier, badai saat itu sangat dahsyat. Ketika peristiwa terjadi, dia tengah berteduh di depan Hotel Hilton, seberang Masjidil Haram. Suara angin yang menderu menutupi dentuman crane yang ambruk.

"Semua panik pasti. Tapi dari mulut jemaah selalu dilafalkan takbir dan tahmid. Setelah peristiwa itu terjadi, pintu masuk langsung ditutup. Jemaah baru boleh masuk setelah proses evakuasi selesai," kata Bashier.

Konstruksi perluasan Masjidil Haram dilakukan untuk meningkatkan kapasitas masjid tersebut untuk menampung lebih banyak jemaah.

Jika rampung, Masjidil Haram akan mendapatkan tambahan luas hingga 400 ribu meter persegi, sehingga mampu menampung hingga 2,2 juta jemaah dalam satu waktu.

Bashier mengatakan ada ribuan WNI yang bekerja di perluasan Masjidil Haram. Gaji yang besar, sekitar 2.000 riyal per bulan, dan kesempatan naik haji gratis menjadi alasan yang menggiurkan.

Kendati tingkat keamanan pekerja telah memenuhi standar internasional, namun beberapa kecelakaan kerap terjadi, salah satunya menimpa pekerja dari Indonesia.

"Seminggu yang tukang besi dari Indonesia, orang Bojonegoro, jatuh dan meninggal. Sabuk pengamannya tidak dikaitkan, malah dikaitkan ke pinggang," kata Bashier.

"Keamanan sudah standar internasional, bahkan ketika suhu mencapai 57 derajat dilarang kerja, cuma biasanya pekerjanya yang lalai," lanjut dia.

KONDISI CRANE JATUH DI MASJIDIL HARAM SUDAH LAMA TIDAK TERPAKAI


Pasca Insiden, Masjidil Haram Ditutup Sebagian Bagi Jemaah

Situasi pelaksanaan ibadah haji hari ini berlangsung normal pasca insiden jatuhnya crane yang menewaskan 107 orang Jumat lalu. Namun di beberapa bagian terlihat masih ditutup demi keamanan.

Seorang pekerja konstruksi asal Indonesia untuk perluasan Masjidil Haram, Sriyono Bashier, mengatakan bahwa tempat tawaf bagian bawah yang terkena runtuhan crane masih ditutup dengan pagar.

"Bagian bawah ditutup sedikit sekali, tidak mengganggu jemaah haji," kata pria 37 asal Sukoharjo, Minggu (13/9).

Namun menurut Bashier yang bekerja sebagai tukang besi, bagian sa'i Masjidil Haram masih ditutup sebagian. Sementara bagian atas yang terkena crane ditutup. Padahal kata dia, bagian itu seharusnya dibuka setelah menjalani renovasi.

"Pembangunan bagian atas sempat dikebut dan telah setengah jalan rampung, tinggal finishing. Seharusnya yang atas sudah bisa dipakai, tapi karena kejadian ini akhirnya ditutup lagi," lanjut dia.

Insiden crane jatuh yang menewaskan tujuh orang jemaah asal Indonesia itu terjadi akibat tiupan angin kencang. Saat kejadian, Bashier tengah berteduh di depan Hotel Hilton di seberang Masjidil Haram.

Saat itu, kata dia, hujan sangat besar dengan angin kencang yang suaranya menderu. Tiba-tiba crane jatuh di dekat pintu Safa Marwa dan menewaskan banyak jemaah haji.

Hari ini, kondisi cuaca sangat cerah meski badan cuaca Arab Saudi memperkirakan angin kencang masih akan terjadi dalam dua hari ke depan.

"Hari ini cuaca sangat cerah. Jumlah orang yang tawaf juga berkurang karena kebanyakan yang sudah melaksanakan tawaf tidak masuk kembali ke Masjidil Haram karena peristiwa kemarin," lanjut Bashier.

FOTO CRANE JATUH DI MASJIDIL HARAM SUDAH LAMA TIDAK TERPAKAI


Cara Cepat Hamil Alami Rahasia Dokter

Like dan share ya sobat...
Link Artikel: http://beritainfosehat.blogspot.com/2015/09/kisah-crane-jatuh-di-masjidil-haram.html
Rating Artikel: 100% based on 9999 ratings. 99 user reviews.

Comments :

No comments:

Post a Comment