Info Dunia Kehidupan Artis dan Tips Kesehatan Terbaru 2014

TIPS MEMBERSIHKAN MULUT BAYI SETELAH MEMINUM ASI Cara Menjaga Kesehatan Mulut Bayi

TIPS MEMBERSIHKAN MULUT BAYI SETELAH MINUM ASI Cara Menjaga Kesehatan Mulut BayiTIPS MEMBERSIHKAN MULUT BAYI SETELAH MINUM ASI Cara Menjaga Kesehatan Mulut Bayi. Setelah meminum ASI seringkali tersisa beberapa tetes susu di sekitar mulut bayi. Jika didiamkan beberapa saat, sisa ASI tersebut akan mengering. Apakah berbahaya terhadap kesehatan mulut bayi?

"Tidak berbahaya jika ASI tersisa di sekitar mulut bayi, sebab pada dasarnya ASI itu baik untuk bayi. Jika memang ingin membersihkan, pastikan kapas bersih agar tidak ada bakteri yang masuk melalui mulut bayi," ungkap dr Utami Roesli, SpA, MBA, IBCLC, dokter spesialis anak RS St Carolus sekaligus ketua Sentra Laktasi Indonesia.

Jika ditemukan adanya bercak putih di sekitar mulut bayi setelah minum ASI, maka sebetulnya tidak perlu khawatir. Sisa-sisa ASI memang bisa menimbulkan bercak-bercak berwarna putih yang biasanya muncul pada bagian mulut, seperti bibir, bagian dalam pipi, langit-langit dan lidah. Namun bercak putih sisa ASI itu tidak akan menimbulkan masalah kesehatan pada bayi.

Membersihkan bagian mulut bayi bisa dilakukan Anda untuk menjaga kebersihan daerah oralnya. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan kapas lembut yang telah dibasahi dengan air matang hangat. Membersihkan mulut bayi setelah selesai menyusu akan bayi akan merasa nyaman, kesehatan mulut bayi terjaga, dan tentu bayi merasa lebih segar.

Berikut langkah-langkah membersihkan mulut bayi yang bisa ibu lakukan, seperti dikutip dari buku 'Rahasia Ibu Pintar: Panduan Merawat Bayi Pasca Persalinan Sampai 12 Bulan', yang ditulis oleh Nini Umi Nazwa:

1. Basahi kain kasa atau waslap dengan air matang hangat, lalu balut pada jari telunjuk Anda. Letakkan bayi dalam posisi telentang agar lebih mudah membersihkan mulutnya. Mulailah membersihkan mulut dari bagian luar, yaitu bibir dan sekitarnya.

2. Dengan bantuan jari tangan, buka mulut bayi kemudian masukkan jari telunjuk Anda dan gosok perlahan gusi mulai dari bagian belakang atas hingga ke depan atas. Setelah selesai, bersihkan gusi bagian bawah dari belakang terus ke depan.

3. Jangan lupa bersihkan lidah bayi. Lakukan mulai dari pangkal lidah, lalu perlahan-lahan ke bagian depan. Perlu diingat, jangan terlalu mengusap bagian belakang lidah sebab bayi kemungkinan akan tersedak.

Selain membersihkan mulut bayi setelah menyusu, penting juga untuk selalu membersihkan tangan dan puting susu sebelum memberikan ASI. Sebab, keduanya juga merupakan media potensial untuk perpindahan bakteri. Oleh karena itu, penting untuk selalu menjaga kebersihan daerah mulut bayi.

"Bersihkanlah puting susu ibu sebelum memberikan ASI. Caranya, cuci tangan terlebih dahulu dengan sabun dan air matang hangat. Kemudian keluarkan sedikit ASI untuk membersihkan putingnya," lanjut dr Utami.

langkah-langkah membersihkan mulut bayi




Like dan share ya sobat...
Link Artikel: http://beritainfosehat.blogspot.com/2013/05/tips-membersihkan-mulut-bayi-setalah.html
Rating Artikel: 100% based on 9999 ratings. 99 user reviews.

TIPS MEMBERSIHKAN MULUT BAYI SETELAH MEMINUM ASI Cara Menjaga Kesehatan Mulut Bayi

Posted by Berita Info Sehat, Published at 7:33 AM and have 0 comments
Comments :

No comments:

Post a Comment