Info Dunia Kehidupan Artis dan Tips Kesehatan Terbaru 2015

TIPS CARA MENGHENTIKAN MIMISAN HIDUNG BERDARAH Penyebab Mimisan Pada Balita Anak dan Dewasa

Cara Cepat Hamil Alami Rahasia Dokter

TIPS CARA MENGHENTIKAN MIMISAN HIDUNG BERDARAH Penyebab Mimisan Pada Balita Anak dan Dewasa. Hidung berdarah atau mimisan dapat disebabkan oleh beberapa hal, misalnya pukulan yang mengenai hidung, iritasi pada membran mukosa hidung karena berusaha mengeluarkan sesuatu secara berulang dari rongga hidung, atau karena infeksi.

TIPS CARA MENGHENTIKAN MIMISAN HIDUNG BERDARAH Penyebab Mimisan Pada Balita Anak dan Dewasa

Menurut Stanley M. Zildo seperti dikutip dari bukunya yang berjudul 'First Aid, Cara Benar Pertolongan Pertama dan Penanganan Darurat', Kebanyakan perdarahan hidung yang terjadi pada anak-anak tidak berbahaya. Namun bila terjadi pada orang tua atau dewasa, hal ini dapat menjadi masalah serius dan membutuhkan penanganan medis.

Apabila menemui hidung berdarah atau mimisan, lakukanlah hal-hal sebagai berikut:

1. Mintalah korban untuk duduk dengan badan condong ke depan. Jaga mulut supaya tetap terbuka supaya darah tidak menutup jalan napas.

2. Pencet hidung selama 15 menit. Tekan di bawah tulang hidung pada bagian ujungnya, lepaskan perlahan.

3. Jangan biarkan korban melesitkan ingus. Apabila perdarahan terus berlangsung, pencet hidungnya lagi selama 5 menit dan pastikan korban tidak menelan darah yang keluar.

4. Ambil kain basah atau es yang dibungkus dengan kain. Tempelkan pada hidung dan muka korban untuk mempersempit pembuluh darah.

5. Bila perdarahan berlanjut dan ada indikasi patah tulang, segera bawa ke unit penanganan gawat darurat.

Berikut adalah penyebab dari mimisan yang seringkali dialami oleh orang dewasa, seperti dilansir Livestrong.

1. Fraktur nasal

Fraktur nasal terjadi ketika trauma fisik pada hidung menyebabkan kerusakan tulang rawan di hidung. Fraktur nasal biasanya terjadi sebagai akibat dari cedera selama berolahraga, jatuh atau kecelakaan. Segera setelah kecelakaan, rasa nyeri akan menjalari hidung Anda. Kemudian hidung mulai berdarah, dan Anda akan menjadi sulit bernapas. Bagian dalam dan luar hidung kemudian membengkak, dan muncul memar di bawah dan di sekitar mata, menurut American Academy of Otolaryngology.

2. Septum menyimpang

Septum hidung adalah dinding tipis yang memisahkan rongga hidung menjadi dua bagian. Dalam kasus ideal, septum hidung membagi saluran hidung menjadi dua ruang yang sama. Mereka dengan septum menyimpang memiliki septum hidung yang miring ke satu sisi hidung, yang membuat salah satu bagian hidung yang lebih kecil dari yang lain. Septum menyimpang bisa muncul pada saat kelahiran atau mungkin akan berkembang di kemudian hari sebagai akibat dari cedera hidung. Gejala septum menyimpang meliputi mimisan, kesulitan bernapas, hidung tersumbat, infeksi sinus berulang dan bunyi tarikan napas yang bising saat tidur, menurut MayoClinic.com.

3. Penyakit von Willebrand

Darah mengandung protein yang disebut faktor koagulasi yang memungkinkan darah untuk membeku untuk menghentikan pendarahan. Jika salah satu dari protein ini hilang, darah tidak bisa menggumpal dengan benar, yang mengakibatkan pendarahan berlebihan atau abnormal. Penyakit von Willebrand adalah penyakit keturunan di mana faktor von Willebrand hilang dari darah. Hal ini menyebabkan perdarahan dari menstruasi, gusi, dan luka memar, ruam kulit dan mimisan jadi tidak normal dan cenderung berlebihan. Sebagian besar kasus penyakit von Willebrand adalah ringan dan dapat dikontrol dengan obat-obatan, menurut MedlinePlus. Beberapa kasus mungkin memerlukan suntikan reguler plasma darah yang mengandung faktor von Willebrand.

Inilah beberapa hal yang dapat menyebabkan mimisan pada orang dewasa. Meski terdengar tidak membahayakan, bukan berarti mimisan tidak berbahaya sama sekali. Anda tetap harus waspada terhadap kondisi tersebut.

Mimisan atau epistaksin adalah pendarahan yang keluar dari lubang hidung, pendarahan tersebut terjadi karena lepasnya mukosa yang mengandung pembuluh darah kecil. Mimisan kerap terjadi pada balita, anak, dan orang dewasa. Banyak yang menyebabkan kenapa mimisan tersebut bisa terjadi, salah satunya faktor perubahan cuaca.

Cuaca Panas
Pada saat cuaca di sekitar kita panas, maka kelembabanpun berkurang maka terjadilah bagian setrum mengering. Dan pada kondisi tersebut iritasitasi terjadi dan pendarahan keluar.

Tumor
Mimisan juga dapat terjadi jika seseorang menderita tumor di rongga hidung yaitu angiofibroma. Tumor ini biasa ditemukan pada anak usia muda atau dewasa muda dan seringkali terlihat sebagai benjolan sebesar biji nangka berwarna merah keputihan di hidungnya.

Saat Demam Berdarah
Dalam keadaan infeksi sistemik seperti demam bedarah anak juga dapat mengalami mimisan, biasanya ini pertanda bahaya pada kasus demam berdarah tersebut dan anak harus mendapatkan perawatan intensif. Pada keadaan demam berdarah mimisan seringkali diikuti perdarahan juga pada organ lain sehingga mimisan karena demam berdarah mudah dibedakan dari mimisan karena sebab lain.

Bahaya atau tidaknya mimisan sangat tergantung dari penyebabnya. Mimisan karena demam berdarah sangat berbahaya karena itu pertanda stadium berat.

TIPS CARA MENGHENTIKAN MIMISAN HIDUNG BERDARAH Penyebab Mimisan Pada Balita Anak dan Dewasa

TIPS CARA MENGHENTIKAN MIMISAN HIDUNG BERDARAH Penyebab Mimisan Pada Balita Anak dan Dewasa


Cara Cepat Hamil Alami Rahasia Dokter

Like dan share ya sobat...
Link Artikel: http://beritainfosehat.blogspot.com/2014/02/tips-cara-menghentikan-mimisan-hidung.html
Rating Artikel: 100% based on 9999 ratings. 99 user reviews.

TIPS CARA MENGHENTIKAN MIMISAN HIDUNG BERDARAH Penyebab Mimisan Pada Balita Anak dan Dewasa

Posted by Berita Info Sehat, Published at 6:27 AM and have 0 comments
Comments :

No comments:

Post a Comment