Info Dunia Kehidupan Artis dan Tips Kesehatan Terbaru 2015

KRONOLOGIS TRAGEDI MINA 2015 Penyebab dan Korban Tragedi Mina 24 September 2015

Cara Cepat Hamil Alami Rahasia Dokter

KRONOLOGIS TRAGEDI MINA 2015 Penyebab dan Korban Tragedi Mina 24 September 2015. Pementerian Luar Negeri (Kemlu) Indonesia menerima informasi dari perwakilan Indonesia di Arab Saudi terkait kronologi tragedi lempar jumrah di Mina pada Kamis (24/9/2015).

KRONOLOGIS TRAGEDI MINA 2015

Berikut kronologi tragedi lempar jumrah di Mina;

1. Kejadian terjadi di jalan menuju tempat lempar jumrah di antara tenda tenda di Mina.

2. Tragedi dimulai ketika ada sekelompok jamaah yang tiba-tiba berhenti, sehingga terjadi penumpukan jamaah yang berdesak-desakan.

3. Tragedi terjadi sekitar pukul 7.00 pagi waktu Mina, Saudi, dan dalam hitungan menit jumlah korban meninggal terus bertambah hingga lebih dari 300 jamaah haji.

4. Sebagian besar korban adalah jamaah dari Mesir dan Afrika. Saat ini, evakuasi sedang dilakukan tim penyelamat Arab Saudi yang berjumlah sekitar 4000 personel. Saudi juga mengerahkan 200 mobil ambulans.

Sementara itu, Kemlu juga menuturkan bahwa sampai ini pihaknya masih terus melakukan konfirmasi dan pemeriksaan terhadap beberapa rumah sakit yang menampung para korban untuk mengetahui ada tidak jamaah haji Indonesia yang jadi korban dalam tragedi tersebut.

Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi, mengungkap bahwa di sana ada enam tingkat tempat pelemparah jumrah. Di lantai yang terletak di bawah tanah, khusus untuk para undangan kerajaan dan pemerintah Arab Saudi.

Sementara, jemaah yang berasal dari masyarakat umum pelemparah jumrah dilakukan di lantai dasar hingga lantai empat.

Kemudian, kata pemerintah Arab Saudi, seperti dilansir televisi Al Arabia, disebutkan bahwa dari enam tingkat ini sudah ditentukan jalur masing-masing kalangan jemaah haji.

"Baik jalur tamu negara, lansia dan kalangan umum," kata pejabat Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi.

Menurut televisi milik Arab Saudi, Al Arabia, disebutkan bahwa sebab utama tragedi Mina adalah karena pertama, jemaah haji yang berdesak-desakan.

Selain itu, penyebab kedua adalah karena para jemaah haji ini saling mendorong ketika menuju tempat untuk melakukan jumrah Aqabah. Sementara hal ketiga adalah adanya jemaah yang melawan arus.

Diduga, mereka ada yang ke luar bukan dalam waktu yang ditetapkan.

"Bahwa gelombang yang akan menuju jumrah ini sudah diatur dengan baik. Sehingga mereka yang berada di kemah itu akan ke luar sesuai jadwal yang telah diberikan dan setiap jemaah telah memiliki arah dan jalur menuju pelontaran jumrah," kata pejabat itu.

Arab Saudi Sebut Tiga Penyebab Tragedi Mina


Ternyata ada tiga penyebab utama terjadinya insiden berdarah di Mina. Menurut televisi milik Arab Saudi, Al Arabia, disebutkan bahwa sebab utama tragedi Mina karena, pertama, jemaah haji yang berdesak-desakan.

Selain itu, penyebab kedua adalah karena para jemaah haji ini saling mendorong ketika menuju tempat untuk melakukan jumrah Aqabah. Sementara hal ketiga adanya jemaah yang melawan arus.

Diduga, mereka ada yang ke luar bukan dalam waktu yang ditetapkan.

Sampai saat ini, Palang Merah Internasional Arab Saudi mengatakan ada 717 orang wafat dan 805 orang luka-luka. "Saat ini korban sudah diangkut oleh ambulans," kata salah satu petugas Palang Merah ketika di wawancarai Al Arabia.

Menurut Palang Merah, jemaah haji ini tewas karena terhimpit saat berdesakan.

Sementara, Pemerintah Arab Saudi telah memberikan pengarahan kepada seluruh aparat di Saudi untuk memberikan penanganan secara khusus kepada korban dengan membawa ke rumah sakit.

Pemerintah Arab Saudi juga mengatakan telah mengerahkan semua tenaga medisnya untuk mengatasi korban tragedi Mina ini. Bahkan, tenaga medis yang berada di Mekkah dikirim ke Mina untuk membantu.

Tiga Jemaah Haji Indonesia Meninggal


Sampai saat ini dilaporkan ada tiga jemaah haji Indonesia yang meninggal dunia akibat insiden di Mina. Hal ini disampaikan oleh Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia Kementerian Luar Negeri, Lalu Muhammad Iqbal, Kamis 24 September 2015.

"Kami baru meninggalkan RS Al Jisr, Mina bersama Menteri Agama dan Dirjen Haji, untuk mengetahui kondisi dan situasi korban," kata Wakil Dubes RI di Riyad seperti yang disampaikan Lalu.

Lalu mengatakan, berdasarkan informasi dari Dubes RI di Riyad, sampai pukul 16.00 waktu setempat, dapat diidentifikasi tiga jemaah haji Indonesia.

Mereka adalah Hamid Atuwi (laki laki) asal Surabaya, Saiyah (perempuan) asal Batam, dan jemaah laki laki yang belum diketahui namanya. Satu jenazah belum dapat diidentifikasi namanya karena gelang yang digunakannya hilang.

"Namun diketahui berasal dari Probolinggo, Safari Travel data korban tersebut sedang di cek lebih lanjut di data haji," ujar dia. Sebelumnya ada seorang jemaah haji dari Probolinggo bernama Hasan melaporkan satu rekannya tewas dalam kejadian ini.

Sementara, satu orang korban lagi dalam kondisi serius dan saat ini dirawat di RS Annur Mekkah

DETIK-DETIK TRAGEDI MINA 2015


Cara Cepat Hamil Alami Rahasia Dokter

Like dan share ya sobat...
Link Artikel: http://beritainfosehat.blogspot.com/2015/09/kronologis-tragedi-mina-2015-penyebab.html
Rating Artikel: 100% based on 9999 ratings. 99 user reviews.

KRONOLOGIS TRAGEDI MINA 2015 Penyebab dan Korban Tragedi Mina 24 September 2015

Posted by Berita Info Sehat, Published at 5:38 PM and have 0 comments
Comments :

No comments:

Post a Comment